4 penyebab utama kanker serviks

4 penyebab utama kanker serviks - Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan hal yang sudah tidak asing lagi didengar tentunya terutama untuk kaum wanita. Pasalnya kanker serviks ini merupakan penyakit kanker yang paling ditakuti karena sangat berbahaya bagi kesehatan kaum wanita Pasalnya banyak sekali kaum wanita yang meninggal karena penyakit yang satu ini.

Kanker serviks ini menyerang pada leher rahim yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina). Kanker ini 99% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita. Banyak sekali ciri-ciri timbulnya penyakit kanker serviks ini seperti seringnya merasakan sakit punggung, selalu berdarah dan mersa sakit ketika berhubungan, keputihan yang tidak wajar dan lain sebagainya.

Pada umumnya penyebab penyakit kanker serviks ini karena hal-hal berikut ini

1. Penyebab kanker serviks yang paling utama yakni 99% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. human papilloma virus (HPV)  merupakan kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil  di tangan, kaki, dan alat kelamin. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks ini.

2. Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab kanker serviks, kanker serviks juga bisa diturunkan pada generasi keluarga. Bila seorang ibu pernah mengalami kanker serviks dan melahirkan seorang anak, maka anak tersebut memiliki resiko terkena kanker serviks serupa lebih tinggi daripada wanita lain.

3. Penyebab kanker serviks selanjutnya  terjadi karena penggunaan obat-obatan kontrasepsi seperti pil KB . Untuk itu, jika ingin menunda kehamilan, bicarakan solusi tepat dengan seorang dokter ahli agar usaha penundaan kehamilan tidak berakibat buruk pada kesehatan.

4. Kanker serviks juga bisa disebabakan oleh kaum wanita yang hamil dan melahirkan saat ia masih berusia dini, atau di bawah 17 tahun.

Kanker serviks juga bisa dicegah dengan cara-cara berikut ini

1. Gunakan air bersih untuk mencuci organ intim karena air yang bersih memiliki Ph yang netral dan aman untuk organ intim Anda.

2. melakukan hubungan intim dengan cara yang benar.

3. Polahidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya sayuran dan buah-buahan

4. Olahraga rutin juga merupakan salah satu upaya pencegahan timbulnya kanker serviks. Kaena dengan olahraga yang rutin akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar.


Related Posts: