Penyebab menstruasi tidak teratur

Penyebab menstruasi tidak teratur - Menstuasi atau sering disebut haid merupakan darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina.Setiap kaum wanita yang memasuki masa remaja dan pubertas pasti mengalami menstruasi atau haid ini. Siklus menstruasi yang terjadi  rata-rata sekitar 28 hari.  Namun tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama, kadang juga siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Keterlambatan datangnya waktu menstuasi atau  siklus haid yang tidak teratur sering dialami para kaum wanita,  Selain karena kehamilan, penyebab menstuasi tidak teratur juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan, namun  ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius seperti adanya penyakit anemia dan lain sebagainya.

Penyebab menstruasi tidak teratur


Oleh karenanya sangat perlu bagi kaum wanita khusunya mengenal penyebab menstuasi tidak teratur ini. Berikut beberapa penyebab menstuasi tidak teratur:

1. Penyebab menstruasi tidak teratur karena Stres
Stress emosional yang berat merupakan salah satu penyebab siklus menstuasi yang tidak teratur, Pasalnya menurut banyaknya para ahli kesehatan menjelaskan bahwa hypothalamus, yakni salah satu bagian dari otakyang  sangat terpengaruh oleh stress. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.dan inilah yang menyebabkan siklus haid tidak lancar.

2. Penyebab menstruasi tidak teratur karena Berat badan yang berlebihan
Naiknya berat badan yang signifikan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur. Dalam situasi ini, otak tidak dapat memicu hormon-hormon yang tepat untuk perkembangan folikel, yang diperlukan untuk membuat estrogen.

3. Penyebab menstruasi tidak teratur karena Kehamilan
Kehamilan merupakan alasan yang paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang  kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). Sementara jika perdarahan melampaui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).

4. Penyebab menstruasi tidak teratur karena Kontrasepsi
Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat memicunya penyebab menstuasi tidak teratur. Penggunaan pil KB dan jenis lainnya juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit  atau justru malah mengakibatkan perdarahan yang berat.

5. Penyebab menstruasi tidak teratur karena Pola hidup yang tidak sehat
Mengkonsumsi makanan yang memiliki Gizi yang buruk, obat-obatan, merokok dan lain sebagainya menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

Related Posts: