Penyebab keputihan berlebihan

Penyebab keputihan berlebihan - Menjaga kebersihan organ intim merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Kebersihan akan organ intim penting untuk selalu di jaga sebagai salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan PH organ kewanitaan dan menghindari risiko penyakit yang mengintai organ reproduksi. Sebenarnya keputihan berfungsi menjaga keseimbangan pH organ vagina namun itu semua jika keputihan itu normal tapi jika  jumlah keputihanyang berlebihan atau banyak malah menyebabkan rasa yang kurang nyaman bagi seorang wanita untuk melakukan aktifitas dan ini juga merupakan tanda bahwa keputihan yang tidak normal  atau sudah memiliki masalah. Berikut beberapa penyebab keputihan yang berlebihan:

Penyebab keputihan berlebihan

1. Siklus menstruasi
Biasanya anda pasti tau waktu-waktunya kapan anda menstuasi, nah jika mendekati waktu menstuasi jumlah keputihan yang keluar semakin banyak. Hal itu normal karena terjadi perubahan hormon sehingga terjadi perubahan pada pH vagina menyebabkan keluarnya banyak keputihan.

2. Bakteri pada vagina
Bakteri pada vagina merupakan akibat tertularna penyakit kelamin melalui hubungan seksual hal ini merupakan  salah satu penyebab kuat terjadi keputihan berlebih dengan bau yang menyengat. Jika hal itu terjadi, Anda perlu khawatir dan segera berkonsultasi kepada dokter.

3. Kanker rahim
Keputihan berlebih juga merupakan gejala awal dari kanker rahim. Keputihan terjadi setelah menopause disertai dengan pendarahan tidak normal yang terjadi pada vagina.

4. Kanker serviks
Selain kanker rahim, keputihan berlebih yang disertai dengan pendarahan dan bau yang menyengat merupakan gejala awal dari kanker serviks. Kanker ini timbul akibat tidak bekerjanya sistem kekebalan tubuh sehingga terciptalah kanker.

Pertanyaan berikutnya lantas bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebihan? Berikut beberapa cara mengatasi keputihan yang berlebihan

1. Daun sirih dan temu putih
Caranya rebuslah daun sirih dan temu putih sampai mendidih. Lalu minumlah seminggu sekali dengan berturut-turut.

2. Daun sirih saja
Caranya sangat mudah ambilah 10-15 daun sirih, cuci bersih dan rebuslah sampai mendidih. Air rebusan daun sirih bisa anda gunakan untuk mencuci vagina. Daun sirih memiliki banyak khasiat untk vagina salah satunya sebagai pembunuh bakteri, menghilangkan bau serta membuat vagina menjadi kencang.

Related Posts: