Cara mengobati keputihan gatal

Cara mengobati keputihan gatal - Keputihan yang gatal tentu sangat mengganggu dan membuat kegiatan kita tidak nyaman. Keputihan gatal merupakan salah satu ciri  keputihan yang berbahaya.  Cara mengobati keputihan gatal sebenarnya sama saja dengan cara mengatasi keputihan pada umumnya. Keputihan sebenarnya bukan merupakan penyakit atau kelainan, ini lebih merupakan infeksi pada organ kewanitaan, pada bagian dalam dan bagian luarnya. Infeksi ini terutama disebabkan oleh jamur, atau bahkan bisa juga bakteri atau virus. Namun jika diabaikan keputihan ini akan berkelanjutan dan menjadi bibit masalah penyakit baru pada dir anda. Keputihan yang gatal berbahaya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Cara mengobati keputihan gatal

1. Selangkangan terasa gatal
2. Iritasi yang ditimbulkan rasa gatal berlebih
3. Bau yang tak sedap/ busuk
4. Lendir yang dikeluarkan berlebihan (banyak)
5. Berwarna kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan

Ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri gatal yang berlebihan sehingga berbahaya serta perlu langsung diobati. Cara mengobati keputihan gatal

1. Menjaga Kebersihan Area kewanitaan
Menggunakan pembersih area kewanitaan yang instan sekilas terlihat bagus namun sebenarnya hal itu tidak baik karena akan merusak perkembangan bakteri baik yang berada pada organ intim. Oleh karena itu cukup bilas dengan air bersih saja lalu keringkan dengan handuk hindari pengeringan dengan menggunakan tisu.

2. Menjaga Kelembapan
Kelempan ideal Miss.V adalah pH 3,8-4,2 bakteri baik (lackobacillus) akan mengalami peningkatan sehingga dapat menjaga keseimbangan alami.Untuk tetap menjaga kelembapan gunakan celana dalam katun yang dapat menyerap keringat atau Rajinlah mengganti celana dalam.

3. Mengganti Pembalut
Pada dasarnya wanita mengalami menstuasi, dan pasti menggunakan pembalut. Mengganti pembalut disarankan setiap 4 jam sekali. Karena mengganti pembalut dengan waktu yang lama dapat menimbulkan iritasi.

4. Hindari Celana Ketat
Celana ketat selain akan menghambat peredaran darah juga menyebabkan vagina cepat berkeringat. Keringat akan mengakibatkan jamur dan menimbulkan gatal. Usahakan tidak seharian mengenakan celana ketat untuk mendapatkan sirkulasi udara dan membatasi perkembangan jamur.

5. Hindari Menggaruk
Menggaruk organ intim ketika gatal yang berlebihan malah akan menambah parah, serta hindari mengatasi gatal dengan menggunakan Air panas karena akan membuat vagina bertambah merah dan justru membuat gatal bertambah parah.

6. Konsultasikan pada Dokter
Jika keputihan sudah lama dan sudah parah sebaiknya anda berkonsultasi kedokter.

Related Posts: