Cara mengatasi keputihan yang berlebihan

Cara mengatasi keputihan yang berlebihan - Keputihan merupakan cairan yang keluar dan hal ini merupakan normal bagi kaum wanita terutama jika anda melakukan banyaknya pekerjaan dan ketika bertemu dengan waktu dimana anda mendekati masa menstuasi. Namun jika keputihan yang dikeluarkan berlebihan atau banyak tentu ini akan menjadi masalah karena membuat aktifitas anda menjadi tidak nyaman serta kurangnya percaya diri. Mengatasi keputihan yang berlebihan memang perlu anda lakukan, terutama sebelum keputihan ini menjamur atau berkembang menjadi virus yang nantinya malah menjadi suatu masalah baru pada kesehatan anda. Banyak cara yang bisa anda lakukan sebenarnya untuk mengatasi keputihan yang berlebih, mulai dari menjaga pola hidup yang lebih baik dan benar juga bisa menggunakan ramuan-ramuan tradisional yang sangat mudah anda buat sendiri tentunya.

Mengatasi keputihan yang berlebihan

Berikut cara-cara mengatasi keputihan yang berlebihan

1. Gantilah celana dalam anda jika celana dalam anda basah atau sudah lembab, karena celana dalam yang lembab dapat dengan cepat membuat bibit-bibit jamur yang tidak menyehatkan bagi vagina anda
2. Sebaiknya gunakan celana dalam yang berbahan katun, karena celana yang berbahan katun lebih mudah menyerap keringat
3. Pada saat anda menstuasi sebaiknya gunakan pembalut yang baik dalam menyerap darah haid, gantilah pembalut 4 jam sekali.
4. Bersihkan vagina anda dengan sabun yang aman, tanpa mengandung efek samping. Jaga selalu keseimbangan pH atau keasaman dalam vagina agar tetap seimbang sehingga bakteri baik pada vagina tidak mati.
5. Bersihkan vagina anda dengan cara yang benar yakni dari arah depan ke belakang
6. Pastikan selalu organ kewanitaan anda kering
7. Hindari makanan-makanan yang ganas yang dapat menimbulkan keputihan yang berlebihan seperti nanas, mentimun,durian, dan lain sebagainya.
8. Sebaiknya anda dapat membersihkan area kewanitaan dengan bahan-bahan tradisional atau alami seperti beberapa contoh dibawah ini

• Daun sirih
Daun sirih merupakan salah satu obat keputihan tradisional yang sangat mudah anda buat sendiri, khasiat dari daun sirih ini dapat melawan radang, infeksi, dan menghilangkan gatal-gatal,serta mengurangi keputihan yang berlebihan. Caranya ambilah 5-10 daun sirih, cuci dan  rebuslah sampai mendidih.  Air rebusan daun sirih ini bisa anda pakai untuk membersihkan vagina atau daerah kewanitaan.
• Biji mangga yang kering
Biji mangga yang kering ternyata dapat mengatasi keputihan yang berlebihan caranya keringkan biji mangga, lalu gilinglah. Setelah digiling campurkan air beberapa tetes sehinnga nampak menjadi adonan. Oleskan adonan biji mangga yang sudah dikeringkan pada vagina. Lakukan beberapa minggu dan temui khasiatnya.
• Akar mawar
Akar mawar merupakan obat alami untuk mengatasi gatal akibat keputihan yang berlebihan. Caranya ambillah akar mawar basuh hingga bersih. Rebuslah akar mawar itu hingga mendidih. Minumlah air akar mawar tesebut setiap hari.

Related Posts: