Keputihan pada wanita muda

keputihan pada wanita muda - Wanita yang menginjak masa-masa dewasa sering sekali mengabaikan kebersihan pakaian dan tubuhnya, salah satunya kurangnya menjaga kebersihan di area kewanitaan. Hal inilah yang memicu terjadinya keputihan. Keputihan bisa terjadi dengan tidak memandang usia. Namun, keputihan pada wanita muda lebih sering terjadi dibanding wanita yang sudah menginjak usia tua.

keputihan pada wanita muda

Keputihan yang diabaikan secara terus menerus bisa mengakibatkan masalah  baru seperti menyebabkan radang, kanker, infeksi, kemandulan, dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Keputihan Pada Wanita Muda adalah keluarnya cairan dari vagina.namun, keputihan yang keluar dapat merupakan suatu keadaan normal (fisiologis) atau sebagai tanda dari adanya suatu penyakit (patologis). Keputihan yang normal biasanya ditandai dengan  warna bening, tidak berbau, tidak berlebihan serta tidak menimbulkan keluhan seperti gatal, panas dll. Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kuning atau hijau ke abu-abuan, berbau amis atau busuk, jumlah banyak menimbulkan keluhan seperti gatal-gatal dan rasa terbakar pada daerah intim.

Keputihan pada wanita muda bisa terjadi karena beberapa hal

1. Penggunaan celana dalam kentat
Penggunaan celana dalam yang kentat menyebabkan sulitnya terjadi pergantian udara. Terutama jika celana dalam menjadi lembab, hal ini mengakibatkan munculnya bakteri atau jamur.

2. Kurang menjaga kebersihan
Kebanyakan wanita terutama wanita yang masih muda lebih mementingkan dan memperhatikan penampilan luar (wajah) daripada bagian dalam salah satunya bagian organ intim. Tanpa disadari kebersihan organ intim tidak mendapatkan kebersihan yang benar terutamaketika melakukan cebok. Ketika wanita buang air kecil ataupun besar, cebok dengan menyiram semaunya sendiri tanpa memperdulikan cara yang benar bisa menimbulkan keputihan yang berbahaya.Cara yang benar untuk melakukan cebok  yaitu mulailah dari depan ke belakang. Diusahakan agar air siraman bekas tinja jangan sampai masuk ke vagina.

3. Penggunaan anduk secara bersamaan
Tanpa disadari pada anduk banyak terdapat kuman, terutama untuk anduk yang basah dan dibiarkan lembab terus. Sehingga jamur terus berkembang. Ketika anda menggunakan anduk yang sudah dipakai kerabat anda, kuman akan sangat mudah berpindah.

4. Fikiran yang stress
Pekerjaan yang berlebihan dapat membuat otak stress, hal ini dapat memicu datangnya keputihan disaat muda. Terkadang wanita muda merasa bahwa masih sehat dan kuat namun pada dasarnya semua organ tubuh kita salah satunya otak mempunyai batas untuk menampung berbagai masalah. Melakukan hiburan minimal seminggu sekali merupakan salah satu cara efektif untuk otak beristirahat.

Related Posts: