Penyebab keputihan berwarna hijau

Penyebab keputihan berwarna hijau - Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan baik saat anda memiliki banyak pekerjaan, fikiran yang stress, setelah selsainya menstuasi atau memang karena banyaknya bakteri pada area kewanitaan, secara umumnya keputihan terbagi pada dua jenis yaitu keputihan secara normal/fisiologis dan secara tidak normal/patologis.

Penyebab keputihan berwarna hijau

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal yang terjadi karena beberapa faktor seperti akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres,dan kehamilan. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat infeksi parasit,jamur atau bakteri.
Cairan keputihan yang normal memiliki ciri-ciri warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Namun yang perlu anda perhatikan jika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dan lain sebagainya) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang tidak normal pada vagina. yang pada umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
Penyebab keputihan berwarna hijau, biasanya disebabkan oleh trikomoniasis, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Keputihan akibat infeksi biasanya jumlah cairan yang keluar banyak, berbau amis atau bau tak sedap, dan disertai rasa perih saat buang air kecil. Pembengkakan dan gatal-gatal di sekitar vagina juga dialami penderita trikomoniasis. Infeksi ini juga dapat diobati dengan antibiotik.

Cara mengatasi keputihan berwarna hijau ataupun keputihan yang berlebihan  bisa anda lakukan dengan cara-cara alami berikut ini

1. Biji ketumbar
Biji ketumbar merupakan salah satu cara pengobatan alami keputihan yang tidak normal, caranya rendam biji ketumbar pada malam hari, minumlah air rendaman biji ketumbar saat pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.

2. Bawang putih
Bawang putih sudah sangat terkenal untuk dijadikan obat keputihan alami. Pasalnya bawang putih memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan infeksi akibat jamur, baktei pada daerah sekitar vagina. Caranya ambillah satu siung bawang putih, kupas hingga bersih. Potonglah bawang putih menjadi dua belahan. Simpanlah bawang putih diatas vagina sebelum tidur hingga pagi hari.

3. Akar bayam
obat keputihan tradisional bisa anda buat salah satunya dengan akar bayam. Akar bayam memiliki khasiat sebagai anti bakteri yang dapat memyembuhkan infeksi karena keputihan. Caranya anda hanya mencuci akar bayam sampai bersih, buatlah akar bayam ini menjadi jus dan minumlah

Related Posts: