Cara mencegah kanker serviks

Cara mencegah kanker serviks - kanker serviks atau juga disebut juga kanker rahim kini menjadi perhatian utama dalam dunia kesehatan bagi kaum wanita. Pasalnya penyakit kanker serviks ini menjadi penyakit no satu yang memakan banyaknya jiwa kaum wanita. Kanker serviks utamanya  disebabkan virus human papillomavirus (HPV), namun banyak juga hal yang memicu datangnya atau berkembangnya kanker serviks salah satunya karena gaya hidup yang tak sehat, sering bergonta-ganti pasangan, dan lain sebagainya. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa penyakit kanker serviks tak bisa dicegah. Namun sebenarnya ada banyak cara untuk mencegahnya. Sebelum memahami betul cara mencegah kanker serviks ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu ciri-ciri yang menunjukkan adanya penyakit kanker serviks, berikut ciri-ciri adanya kanker serviks:



1. Sering timbul flek-flek pada bagian kewanitaan ketika tidak haid
2. Sering mengalami sakit yang berlebih atau nyeri-nyeri ketika melakukan hubungan suami istri.
3. Mengalami keputihan yang tidak wajar dan kadang disertai dengan pendarahan yang banyak.
4. Merasakan rasa neri ketika buang air kecil
5. Mengalami pendarahan yang banyak atau tidak wajar ketika menstuasi
6. Sering merasakan sakit di daerah pinggul
7. Nafsu makan mengurang
8. Menstruasi yang tidak teratur
9. Kadang mengalami pembengkakkan dibagian paha

Dari sekian ciri-ciri adanya penyakit kanker serviks, kini anda bisa melakukan pencegahan supaya penyakit kanker serviks tidak berkelanjutan berkembang pada diri anda. Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks:

1. Melakukan tes papsmear secara teratur
Melakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.

2. Tidak berganti-ganti pasangan
Sering  berganti-gantinya pasangan menjadi salah satu penyebab adanya penyakit kanker serviks, hal ini terkait dengan kemungkinan tertularnya penyakit kelamin, salah satunya Human Papilloma Virus (HPV). “Virus ini akan mengubah sel-sel di permukaan mukosa hingga membelah menjadi lebih banyak. Nah, bila terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan, tentu akan menjadi kanker.

3. Hindari pemakaian antiseptik
Hindari membersihkan bagian kewanitaan anda terlalu sering terutama dengan menggunakan antiseptik karena dapat membunuh bakteri baik yang ada didalamnya dan PH menjadi tidak stabil

4. Pola hidup yang sehat
Perbaikilah pola hidup yang tidak sehat,jauhi rokok, minuman yang beralkohol dan lain sebagainya. Penuhi tubuh anda dengan gizi yang baik seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.  karena  tentunya dengan pola hidup yang sehat resiko anda untuk mengalami berbagai macam penyakit menjadi kecil.

Related Posts: